Rapat Evaluasi Realisasi APBD dan Kinerja Pembangunan Daerah Kaltim 2023

 Advertorial

itusudah.com – Ballroom Hotel Grand Fatma, Tenggarong, Rapat Evaluasi Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta Kinerja Pelaksanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Tahun Anggaran 2023 diadakan. Rapat ini dihadiri oleh Kepala Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD Kaltim, Hardiyanto, yang mewakili Sekretaris DPRD Provinsi Kalimantan Timur.

Berbagai poin penting dibahas dalam rapat tersebut, termasuk realisasi pendapatan 2023, realisasi APBD terkait belanja dan pengeluaran pembiayaan, realisasi barang dan jasa 2023 dan 2024, realisasi bantuan keuangan dan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023, pekerjaan yang belum selesai dan catatan penting 2023, serta realisasi pendapatan dan APBD 2024.

Materi terkait penanganan inflasi, stunting, kemiskinan ekstrem, dan pengangguran juga dibahas, bersama dengan tahapan dan substansi rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024, persiapan Pemilu dan Pilkada 2024, serta persiapan kegiatan nasional dan internasional 2024 di Kalimantan Timur.

Setelah rapat, Hardiyanto menyatakan kesiapan Sekretariat DPRD dalam mengikuti direktif dari Penjabat (Pj) Gubernur. Dia menegaskan pentingnya perencanaan triwulan pertama yang harus dilaksanakan secara tepat, sebagai langkah awal untuk melaksanakan triwulan II, III, dan IV dengan baik.

Selanjutnya, ia menekankan bahwa DPRD Kaltim akan melakukan review dan revisi yang realistis, serta mengatasi hambatan baik dari segi sistem maupun ketersediaan anggaran. DPRD juga akan memperbaiki tata kelola barang milik daerah dan mengoptimalkan pendapatan dengan menggunakan aset Barang Milik Daerah pemerintah provinsi. Langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pembangunan daerah dan memastikan efisiensi serta efektivitas pengelolaan anggaran secara berkelanjutan.(adv)

Author: 

Related Posts